Berita

Press Release - Rapat Koordinasi Persiapan Babel Menuju PROVILA

Pangkalpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melaksanakan rapat koordinasi bersama pada hari Jum’at (23/11/18) di Ruang Rapat Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan kebijakan di Bidang Perlindungan Anak, selain itu rapat ini juga dilaksanakan sebagai upaya percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak menuju Provinsi Layak Anak (PROVILA).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh kurang lebih 59 peserta yang terdiri dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, media massa dan pengusaha. Pada rapat koordinasi ini juga akan didatangkan satu narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk menjadi pembicara dalam rapat koordinasi ini.

Sebagai informasi, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi PROVILA jika memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi ialah minimal 80% kabupaten/kota di provinsi tersebut telah menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang berarti untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung paling sedikit 5 (lima) Kabupaten/Kota sudah menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Khusus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri baru ada satu kabupaten yang telah menjadi KLA yakni Kabupaten Bangka Tengah dengan tingkatan Madya. Akan tetapi, sudah ada 5 kabupaten dan 1 kota yang telah mendeklarasikan dirinya menuju Kabupaten/Kota Layak Anak. Sedangkan Kabupaten Belitung akan segera menyusul untuk deklarasi menuju Kabupaten Layak Anak, dan jika sudah terealisasikan, maka seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mendeklarasikan dirinya menuju Kabupaten/Kota Layak Anak.

Terdapat 24 indikator yang perlu dipenuhi oleh pemerintah agar dapat menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak yang kemudian dikelompokkan ke dalam 6 bagian, yakni bagian penguatan kelembagaan dan 5 klaster hak anak. Hal inilah yang menjadi dasar pelaksanaan rapat koordinasi yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at esok. Dibutuhkan kerjasama yang solid serta upaya yang sungguh-sungguh untuk segera mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi yang layak anak. Diharapkan setiap elemen, baik pemerintah, media massa, pengusaha serta masyarakat dapat bersama-sama untuk berkomitmen dalam memenuhi hak-hak anak sehingga anak Bangka Belitung dapat hidup, tumbuh,  berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. (tasya)

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Tasya
Fotografer: 
-
Editor: 
Yanuarson
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB
Tags: 
Provila | KLA | Layak Anak