Berita

Pembinaan Forum Anak, Asyraf Ingin Anak Berpartisipasi dalam Bernegara

Belitung - Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. Semua itu dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama.

Demikian disampaikan Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat Kegiatan Pembinaan Forum Anak, di Kabupaten Belitung, Kamis (30/6/2022).

"Diharapkan anak bisa menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari segala pengambilan keputusan dalam pembangunan," jelasnya.

Menyinggung mengenai tujuan Forum Anak, Asyraf menjelaskan, mengkomunikasikan pemenuhan hak dan kewajiban anak, sebagai media komunikasi organisasi bagi anak, menjembatani pemenuhan hak dan partisipasi anak.

Selain itu, jelasnya, forum anak juga bertujuan sebagai sarana pengembangan bakat, minat dan kemampuan anak. Forum Anak juga bisa berfungsi sebagai media kompetisi prestasi anak.

"Forum Anak bisa dibentuk mulai tingkat nasional hingga desa/kelurahan. Adapun peran pemerintah terhadap keberadaan Forum Anak, mendorong dan memfasilitasi agar anak menjadi warga negara aktif," jelasnya.

Forum Anak mempunyai peran sebagai pelopor dan pelapor. Asyraf mencontohkan,  peran sebagai pelopor yakni, mengkampanyekan mengenai wajib belajar, reproduksi sehat dan berbagai hal yang penting bagi anak.

"Sedangkan peran sebagai pelapor, sebagai PATBM dan sejenisnya serta satgas PPA. Melaporkan mengenai adanya pernikahan usia anak, gizi buruk, putus sekolah, tindak kekerasan terhadap anak dan sebagainya," ungkapnya.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB