Berita

Hari Perempuan Internasional, Perempuan Kuat Imun Bagi keluarga

Pangkalpinang - Perempuan kuat bisa menjadi imun bagi keluarga. Jika perempuan kuat, maka keluargapun akan menjadi kuat. Perlu diketahui, sekitar 80 persen kecerdasan anak diturunkan oleh ibu. Untuk itu, ibu sangat mempunyai peran dalam keluarga. Selain itu seorang ibu yang merupakan perempuan bisa eksis di dunia kerja.

Demikian dikatakan Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra, Susanti, M.AP saat Obrolan Siang Santai terkait Peringatan Hari Perempuan Internasional, di Inradio, Selasa (9/3/2021). Namun jika sudah menikah, eksistensi perempuan di luar rumah harus mendapatkan persetujuan dari suami.

"Seharusnya suami memahami kapasitas perempuan juga bisa membangun negara. Eksistensi perempuan bukan untuk mengalahkan kaum laki-laki. Secara internasional perempuan bisa memperoleh hak sama dengan laki-laki," jelasnya.

Perempuan harus berani dalam menghadapi tantangan. Sebab kesempatan sudah diberikan dunia. Sementara ini masih belum banyak perempuan yang menduduki jabatan sebagai pengambil keputusan. Ke depan hendaknya ada peningkatan jumlah perempuan yang menduduki posisi tinggi setara dengan kaum laki-laki. 

"Saya mengajak kaum perempuan untuk menjawab tantangan dengan menjadikan perempuan lebih maju. Gunakan kesempatan dengan optimal. Namun tentunya semua ini membutuhkan dukungan dari kaum laki-laki," ungkapnya.

Banyak perempuan yang sudah berkeluarga ingin berkiprah dan berkarir tinggi. Namun keinginan tersebut tak jarang terhalang oleh keputusan laki-laki. Untuk itu, perempuan hendaknya bisa menempatkan diri, sehingga mendapatkan kesempatan berkarir dengan motivasi dan persetujuan suami.

Saat ini di Bangka Belitung sudah ada perempuan yang mendapatkan posisi tinggi di eksekutif, legislatif hingga dunia usaha. Diharapkan terus ada peningkatan jumlah perempuan pengambil keputusan, sebab perempuan juga punya andil mengambil kebijakan.

Menyinggung mengenai pandemi covid-19, Kepala DP3ACSKB Babel menjelaskan, ibu menjadi garda terdepan. Oleh sebab itu ibu harus tangguh karena menjadi garda terdepan dalam rumah tangga. Memang cukup banyak industri rumahan yang dikelola ibu-ibu harus gulung tikar akibat pandemi covid-19.

Namun, diharapkan ibu-ibu harus tetap bersemangat untuk terus mencari peluang guna membantu perekonomian keluarga. Jika perempuan mampu untuk tetap tangguh, maka imun tubuh menjadi naik. Untuk itu diharapkan perempuan harus cerdas, inovatif menghadapi kondisi seperti sekarang ini.

"Untuk memasarkan produk industri rumahan bisa menggunakan medsos, sehingga tidak perlu keluar rumah. Ini membuat perempuan menjadi tetap unggul. Sedangkan anak-anak perempuan saat ini hendaknya bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, karena ini peluang agar dapat menjadi generasi lebih baik," tegasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB