Berita

Hari Ini Dimulai Program Pendataan Keluarga, Ayo Berikan Data Akurat

PANGKALPINANG - Hari ini, Kamis (1/4/2021) telah dimulai pelaksanaan program Pendataan Keluarga (PK) yang akan dilaksanakan hingga tanggal 31 Mei mendatang. Pendataan pertama di lakukan di Rumah Dinas Gubernur yang mendata keluarga Gubernur dan diikuti oleh pendataan keluarga Bupati dan Walikota serta pejabat lainnya di rumah masing-masing.

Pendataan keluarga merupakan kegiatan pemgumpulan, pengelolaan, penyajian dan pemanfaatan data demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera dan data anggota keluarga yang dilakukan pemerintah dan pemerintah daerah. 

Diharapkan dengan pendataan ini dapat menghasilkan data keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu masyarakat hendaknya memberikan data akurat kepada petugas pendataan. Sehingga informasi yang didapatkan bisa menjadi database. 

Beberapa pertanyaan yang diajukan petugas di antaranya mengenai nama, nomor induk kependudukan, jenis kelamin, tanggal/bulan/lahir, status perkawinan.

Selain itu ditanyakan juga mengenai kepemilikan akte lahir, hubungan dengan kepala keluarga, kode ibu kandung, agama, status pekerjaan, pendidikan, kepesertaan JKN serta keberadaan anggota keluarg dan beberapa pertanyaan lainnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Erzaldi Rosman, SE MM menjelaskan, data keluarga menjadi acuan bagi pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan perkembangan berbagai program pembangunan. Seperti program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Gubernur beserta keluarga sudah menyelesaikan proses pendataan keluarga tersebut.

"Saya mengajak masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bersama-sama ikut menyukseskan pendataan keluarga tahun 2021 dengan memberikan data yang benar. Mari kita bersama-sama menyambut pendataan ini dengan penuh gembira," ajaknya.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB