Berita

Dorong dapatkan APE 2018, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Laksanakan Fasilitasi Penguatan PUG di Babel

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat dilihat dari instrumen Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Strategi PUG telah ditetapkan sebagai langkah strategis dalam mewujudkan adanya kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan sejak tahun 2000 melalui penetapan Inpres Nomor 9 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembanguan. Sebagai alat ukur untuk melihat pelaksanaan PUG adalah melalui 7 prayarat Pug yang terdiri dari komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, metoda/alat analisis, data tepilah dan partisipasi masyarakat.

Untuk menguatkan pelaksanaan PUG di daerah, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Asdep Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi melaksanakan kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Penguatan Pengarusutamaan Gender di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 16 Mei 2018 bertempat di Hotel Novotel. Peserta yang diundang dan hadir merupakan para driver PUG di tingkat Provinsi dan 7 Kab/Kota terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Bappeda, Inspektorat dan Bakuda berjumlah 30 (tiga puluh) orang.

Pada kesempatan tersebut saat membuka acara Sekretaris Daerah memberikan motivasi kepada  para peserta agar berkomitmen penuh untuk melaksanakan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di daerah masing-masing sehingga ditahun 2018 ini kita dapat meraih penghargaan APE. Senada dengan Sekretaris Daerah, Asdep Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi KPPPA; Dra. Eko Novriyanti menjelaskan bahwa ‘ Tantangan terbesar dalam pelaksanaan PUG adalah rendahnya komitmen/kapasitas para pengambil keputusan, perencana program/kegiatan dan pelaksana ditingkat lapangan dalam memahami pentingnya mengidentifikasi isu gender dalam pembangunan dan mengintegrasikannya dalam proses perencanaan dan penganggaran serta terbatasnya data terpilah”.  Kegiatan ditutup setelah sesi diskusi kelompok dan paparan dari masing-masing kabupaten kota terhadap capaian pelaksanaan PUG di daerah masing-masing. Semoga Provinsi dan semua Kab/Kota di Provinsi Bangka Belitung dapat meraih penghargaan APE 2018.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Martinawati
Fotografer: 
Martinawati
Editor: 
Yanuarson
Tags: 
APE | KPPPA | Pemberdayaan Perempuan | PUG | PPRG