Berita

Waspadai Pendemi Covid-19 Klaster Keluarga, Tetap Ikuti Protokol Kesehatan 3 M

PANGKALPINANG - Pegawai diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M di antaranya, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal tersebut untuk mengindari terjadi pemaparan covid-19, terutama di lingkungan keluarga dan rumah.

Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra. Susanti, M.AP mengharapkan agar pegawai menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M tersebut. Selain itu mesti ikhtiar, berdoa dan memperbanyak ibadah.

"Perbanyak juga sedekah dan melakukan salat tahajud," saran Kepala DP3ACSKB saat menyampaikan amanat apel pagi di Halaman Kantor DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (28/9/2020).

Jika sudah melaksanakan protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan masih terpapar covid-19, selanjutnya tetap berserah diri. Sebab upaya untuk mengindari pemaparan virus ini telah dilakukan. 

"Kita tetap meminta perlindungan kepada Allah. Protokol kesehatan bukan hanya dijalankan di pasar atau di kantor. Sekarang mesti diterapkan juga di lingkungan rumah," jelasnya.

Agar tidak terjadi pemaparan virus di lingkungan rumah, hendaknya jika habis berpergian terlebih dahulu membersihkan diri ketika hendak masuk rumah. Pakaian disarankan agar langsung dicuci.

Sebelumnya, saat konferensi pers Menteri KPPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, ada trend meningkat pemaparan covid-19 di klaster keluarga. Arahan Presiden RI, agar mengkampanyekan dan sosialisasi masif terutama kapada perempuan dan anak.

KemenPPPA melakukan kampanye 3 M dengan melibatkan lembaga atau pemerhati perempuan termasuk PKK. Kuncinya disiplin mematuhi protokol kesehatan tidak hanya saat keluar rumah.

"Perempuan sebagai menejer rumah tangga harus mengingatkan keluarganya untuk tetap menggunakan masker walau di dalam rumah. Apalagi di rumah itu ada kelompok rentan seperti orang tua dan balita," tegasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB