Berita

Wagub Abdul Fatah Ingin Perempuan Mampu Bersaing Secara Digital

PANGKALPINANG - Drs. Abdul Fatah, M.Si Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ingin perempuan di Bangka Belitung mampu bersaing dalam dunia digital. Hal ini untuk mengantisipasi dan mengatasi pandemi covid-19. Sehingga keberadaan perempuan bisa memberi dukungan dan mendapatkan akses sama seperti kaum laki-laki.

"Perempuan harus mendapatkan kesempatan dan akses yang sama seperti kaum laki-laki," tegas Wagub saat Peringatan Hari Ibu ke 92 Tahun 2020 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Selasa (15/12/2020).

Tampak hadir pada kegiatan ini, Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi SH, Wakil Ketua I TP PKK Babel Laksmi Damayanti Abdul Fatah, Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra. Susanti, M.AP beserta sejumlah pejabat Forkompinda. 

Saat kegiatan berlangsung, sejumlah penghargaan diberikan kepada perempuan, ibu berprestasi. Selain itu terdapat pameran gelar produk UMKM karya perempuan Bangka Belitung. Beberapa UMKM menggelar produk, mulai dari kebutuhan pangan hingga sandang.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Jumlah tamu pun dibatasi dan harus melakukan rapid test sebelum memasuki tempat acara Peringatan Hari Ibu.  Panitia telah menyediakan fasilitas rapid test tersebut.

Selain Cikar, perempuan harus bertalenta digital. Menurut Wagub, dengan bertalenta digital maka perempuan mempunyai daya saing baik domestik maupun global. Tak hanya itu, sebab perempuan juga harus mempunyai kesempatan mengenyam pendidikan. Semua ini bagian upaya memperjuangkan wanita bukan hanya sebagai istri dan pelayan.

"Program PKK telah membentuk SDM yang unggul. Begitu juga dengan program Bangga Kencana dan Genre. Peringatan Hari Ibu ini menjadi cara mengingatkan generasi muda peran perempuan terhadap sejarah perjuangan bangsa," jelas Wagub.

Sementara Melati Erzaldi mengatakan, peringatan Hari Ibu digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Peringatan Hari Ibu dengan mengangkat tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju dilaksanakan dengan tujuan mengingatkan kembali akan pentingnya kaum perempuan.

"Perempuan harus cepat dalam bertindak, mengambil keputusan dengan tepat dan akurat. Ibu-ibu sering disebut Super Mom, karena selalu aktif, produktif, berdaya serta mampu menginspirasi yang lain," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra. Susanti, M.AP mengatakan, peringatan Hari Ibu bukan hanya rangkaian kegiatan seperti biasa. Tujuan kegiatan ini, ingin meningkatkan peran perempuan di Bangka Belitung dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan, dan berkeadilan. Melalui peringatan kali ini, diharapkan perempuan menjadi lebih berharga. Perempuan menciptakan generasi handal. Warnai hari ibu ini dengan peran dan kerja nyata untuk Bangka Belitung tercinta," tegasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB

Berita Berdasarkan Kategori