Berita

SUSANTI DUKUNG DUKCAPIL SE BABEL SEGERA TERAPKAN DUKCAPIL GO DIGITAL

PANGKALPINANG-- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) se-Bangka Belitung akan segera menghadirkan pelayanan 'Dukcapil Go Digital' di tengah-tengah masyarakat. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti saat mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung membuka kegiatan Bimbingan Teknis Akta Kelahiran Online bagi Dukcapil Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung Selasa (13/8/2019) di Hotel Sun Pangkalpinang.

"Dukcapil Go Digital ini merupakan digitalisasi semua layanan dan output layanan administrasi kependudukan yang dicetak secara digital oleh penduduk dimanapun penduduk tersebut berada", terangnya.

Peserta Bimtek perwakilan kabupaten/kota se-Bangka Belitung ini sepakat mengenai kesiapan penerapan Dukcapil Go Digital yang direncanakan akan dilaksanakan setelah Bimtek ini selesai, karena outcome dari diselenggarakannya bimtek ini yaitu terbitnya akta online.

"Kendati diurus secara online,  produk akta kelahiran memiliki kekuatan hukum yang sama dengan akta kelahiran yang dicetak secara manual oleh dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, bedanya hanya pada barcode saja sebagai kode pengaman", jelas Susanti.

Lebih lanjut Susanti menyebutkan bahwa akte kelahiran yang dicetak secara online juga bisa dibawa ke Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota untuk kemudian ditukarkan dengan akta kelahiran manual yang ditandatangi dan berstempel basah Dinas Dukcapil setempat.

"Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan guna meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran anak seperti melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ormas yang menangani perlindungan anak, lembaga nirlaba lainnya dan menjadikan capaian akta kelahiran anak sebagai alat ukur keberhasilan desa", tambah Susanti.

Susanti mengajak semua peserta agar dapat kerja keras lebih giat dalam melakukan sosialisasi mengenai seluruh kegiatan di Dukcapil,  salah satunya pelaksanaan Dukcapil Go Digital ini, bisa dengan memanfaatkan media sosial.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama dua hari Selasa-Rabu (13-14/8/2019) ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. 

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Lisia ayu
Editor: 
Kabid Dukcapil
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB