Berita

Sosialisasi Draft Buku Pedoman Parameter Kesetaraan Gender, Ini Tujuannya

PANGKALPINANG - Asisten Deputi Polhulhankam Kementerian PPPA, Endah Sri Rezeki mengharapkan sosialisasi dari Draft Buku Pedoman Parameter Kesetaraan Gender membantu penyusunan peraturan perundang-undangan yang akan dibuat.

"Kegiatan webinar ini untuk mendapatkan masukan dan saran terhadap draft rancangan buku tersebut," katanya saat Webinar Uji Coba Buku Pedoman Parameter Kesetaraan Gender dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Jumat (13/11/2020).

Bertindak sebagai pemateri kegiatan ini, Staf Ahli Menteri Bidang Polhulhankam dan Pusat Kajian Wanita dan  Gender Universitas Indonesia. Sebanyak 18 provinsi Wilayah Barat, terdiri dari Dinas PPPA dan Biro Hukum masing-masing mengikuti kegiatan ini.

Buku ini sebagai rujukan bagi pembuat peraturan perundang-undangan. Diharapkan setiap produk yang dihasilkan tetap berdasarkan perspektif gender dengan tidak ada pengecualian dan diskriminasi terhadap satu kelompok masyarakat yang tertinggal.

Draft buku rancangan ini terdiri dari VI Bab, antara lain berisi tentang Bab I Pendahuluan, Bab II Landasan, Filosofi, Sosiologi, Bab III Kesetaraan Gender.

Selanjutnya Bab IV membahas Parameter Kesetaraan Gender, Bab V Mekanisme Pengawasan Peraturan Perundang-undangan yang Responsif Gender Bab VI Penutup dan Lampiran. Pembahasan lebih difokuskan kepada Parameter Kesetaraan Gender.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB