Berita

SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL (SP4N)

Pangkalpinang - Bertempat di Hotel Santika Bangka, BPPKBPA menugaskan seorang staf untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan atas kerjasama antara Lembaga Ombudsman Republik Indonesia, Kantor staf kepresidenan, dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Kegiatan yang menghadirkan pembicara dari ombusman pusat dan juga Sekda Provinsi Kepualauan Bangka Belitung.

Sesuai dengan amanah konstikusi dalam Undang undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik dan Perpres 76 Tahun 2013 dan diimplementasikan dalam program Nawacita bahwa Negara Harus hadir dan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintah yang bersih, efektif demokratis dan terpercaya.

Mengapa harus ada sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik (SP4N)?, ada 4 hal mengapa harus ada, karena masyarakat kita sebagian besar:

  1.  Tidak tahu kemana harus melapor, sarana konfensional, beragam dan tidak terpadu
  2. Apatis dan pragmatis, tidak yakin laporanya akan ditindaklanjuti, proses dirasa tidak akuntabel
  3. Takut akan konsekwensi melapor, keamanan dan kenyamanan terganggu
  4. Sulitnya akses, waktu dan biaya bagi masyarakat

Dengan problem diatas serta penduduk yang besar maka diperlukan terobosan baru yang melibatkan peran serta masyarakat untuk memudahkan dalam sistem pelaporan. Kita memiliki potensi yang besar sebagai semangat kolaborasi dalam pembangunan dengan memanfaatkan teknologi. Dasarnya adalah jumlah pengguna telpon selular yang melebihi jumlah penduduk (ada 270.000.000) dan ada 52.200.000 pengguna telepon pintar. Kita juga pengguna twetter nomor 5 didunia dan pengguna facebook terbesar nomor 4 didunia. Dengan data ini maka pemanfaatan teknologi dianggap cara yang paling tepat, efektif dan efisien dalam mengelola sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

Informasi yang begitu cepat saat ini membuat pemerintah juga harus menyikapi berbagai persoalan secara cepat pula. Karena kalau tidak bisa jadi informasi dan berita terlanjur menyebar dan menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu penerapan sistem pelaporan dari warga masyarakat sangat mendesak untuk dilakukan, disamping untuk mensikapi perkembangan global juga utamanya adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (Faiz)

Sumber: 
-
Penulis: 
Faiz Marzuki
Editor: 
Dolly