Berita

RAPAT KOORDINASI RENCANA KERJA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENCATATAN SIPIL DAN PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA (DP3ACSKB) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN ANGGARAN 2018

Pangkalpinang_ Dalam rangka mensinkronkan dan mensinergikan program dan kegiatan Dinas Pemberdayaan Perempuan perlindungan Anak Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan SKPD di Kabupaten/Kota se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki urusan sama, maka di selenggarakanlah Rapat Koordinasi Rencana Kerja (Renja) untuk tahun anggaran 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 23 Februari 2017 bertempat di ruangan rapat Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari 7 Kabupaten/ Kota di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu kegiatan ini juga di bantu oleh fasilitator dari Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memfasilitasi dalam hal penyusunan program atau kegiatan usulan di tahun 2018.

Rapat Koordinasi Rencana Kerja ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan perlindungan anak Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bapak Dr.dr. Hendra Kusumaja, M.Epid. Rapat ini kemudian di bagi menjadi 2 sesi,  sesi pertama peserta rapat mendengarkan paparan materi dari narasumber. Sesion kedua dalam rangka menyerap usulan kegiatan dari Kabupeten/ Kota para peserta rapat akan di bagi menjadi 4 desk (meja). Desk di bagi berdasarkan urusan pemerintahan yang dilaksanakan, sehingga akan mempermudah dalam penyusunan program dan kegiatan oleh peserta Kabupaten/ Kota.

Pada sesi pertama ada 2 materi yang disampaikan oleh narasumber. Materi pertama disampaikan oleh bapak    Dr.dr. Hendra Kusumaja, M.Epid. Dalam materi yang disampaikan beliau mengatakan Rapat Koordinasi Rencana Kerja (Renja) sangat penting dilaksanakan mengingat perlunya sinergisitas program dan kegiatan antara pemerintahan provinsi dan pemerintahan di kabupaten/kota. Terutama dalam mengatasi isu-isu strategis yang menjadi urusan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan perlindungan anak Pencatatan sipil dan pengendalian penduduk, keluarga berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.. Materi kedua disampaikan oleh bapak Dr. Agung Dwi candra, ST.,M.Se. Beliau menyampaikan materi tentang Sasaran dan Arah Kebijakan Sektor Pemberdayaan perempuan perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada sesi kedua para peserta di bagi ke dalam 4 kelompok. 4 kelompok tersebut merupakan refleksi dari 4 bidang yang menyelenggarakan urusan pemerintahan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil Dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 4 bidang tersebut adalah 1. Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2. Bidang Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan, 3. Bidang Pencatatan Sipil, 4. Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Dari para peserta rapat yang dibagi ke dalam 4 kelompok ini di dapatlah usulan-usulan program dan kegiatan untuk tahun anggaran 2018 yang kemudian di kumpulkan dan selanjutnya akan menjadi usulan program/ kegiatan di tahun anggaran 2018. Pada sesi ini juga di buat kesepakatan yang menjadi kesepakatan bersama dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang menjadi urusan penyelenggaraan pemerintahan bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil Dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
ys
Editor: 
Yanuarson