RAPAT KOORDINASI BIDANG PENCATATAN SIPIL DP3ACSKB PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

RAPAT KOORDINASI BIDANG PENCATATAN SIPIL DP3ACSKB PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

PANGKALPINANG_Hari ini Kamis, 6 Juli 2017 Bidang Kependudukan Pencatatan Sipil  DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) Bidang Pencatatan Sipil (Capil) di Ruang Pertemuan Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Rapat dihadiri oleh kepala atau pejabat dari dinas/instansi Kependudukan dan Pencatatan Sipil 7 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui kendala atau permasalahan dari masing-masing dinas Kab/Kota dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. Diharapkan dengan pertemuan ini menghasilkan rekomendasi dan solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada karena masing-masing perwakilan dari dinas/instansi kependudukan pencatatan sipil akan memaparkan pencapaian kinerja, permasalahan bahkan inovasi-inovasi yang telah berhasil untuk mendongkrak tercapainya target kinerja mereka yang dalam hal ini berkaitan dengan administrasi kependudukan seperti capaian kepemilikan akta kelahiran, akta kematian, dan akta perkawinan.

Rapat dibuka oleh Sekretaris Dinas P3ACSKB, Ibu Dra. Rita Aryani, M.Si. Beliau mengatakan  agar Dinas DUKCAPIL Kabupaten/Kota untuk terus bersinergi dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.  Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa capaian kepemilikan akte kelahiran Babel sudah baik yaitu 80,24%, namun capaian kepemilikan kematian dan perkawinan masih rendah.

Selain itu Rina selaku PPTK rakoor Capil menyampaikan bahwa target kinerja tahun 2017 adalah cakupan akta kelahiran sesuai dengan target nasional adalah 82,5%, meningkatkan cakupan kepemilikan akta kematian dan perkawinan. Selanjutnya beliau juga mengatakan “ada 3 penilaian penting kinerja bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah Cakupan Kepemilikan Administrasi Kependudukan, Larangan Pungutan dalam pelayanan masyarakat dan jumlah inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan “.

Dalam Rapat ini juga masing-masing perwakilan Dinas DUKCAPIL Kabupaten/Kota dipandu oleh Ketua Forum Komunikasi Dukcapil, Ibu Ida sekaligus Kepala Dinas DUKCAPIL Kabupaten Belitung. Beliau mengarahkan agar masing-masing Dinas DUKCAPIL Kabupaten/Kota menyampaikan capaian, kendala dan inovasi yang telah mereka laksanakan di dinas masing-masing. Salah satunya seperti yang beliau sampaikan yaitu Kabupaten Belitung yang mendapatkan apresiasi yang tinggi dari seluruh peserta rakor atas pencapaian kepemilikan Akta Kelahiran yang sudah melampaui Target Nasional yaitu 90,82% data yang siap dan 89% data yang sudah direkap tingkat nasional. Ibu Ida juga menyampaikan bahwa keberhasilan dalam cakupan pelayanan administrasi kependudukan terutama akta kepemilikan akta kelahiran dapat diraih dengan inovasi kegiatan YANLING (pelayanan Keliling) dan proses digitalisasi dalam proses pemutakhiran data. Masukan lain juga di kemukakan oleh  Kepala Dinas DUKCAPIL Kabupaten Bangka  Rahmad Gunawan, “sebaikanya draft MOU Kabupaten/Kota tentang pemanfaatan data kependudukan tidak dikoreksi oleh Kementerian melainkan oleh Pejabat Provinsi sehingga dapat ditindaklanjuti dalam tempo waktu yang tidak terlalu lama”.

Sumber: 
Bid. DUKCAPIL
Penulis: 
Fianda
Editor: 
Yanuarson