Program Indutri Rumahan di Bangka Tengah Menggeliat

Program Indutri Rumahan di Bangka Tengah Menggeliat

Bangka Tengah merupakan satu-satunya kabupaten yang mendapat penghargaan Anugerah Parahita Eka Praya (APE) pada tahun 2016 yang lalu utuk kategori madya. Penghargaan ini tidak didapatkan begitu saja, namun dibutuhkan kerja sama yang kuat seluruh OPD di Pemkab Bangka Tengah. Penghargaan APE ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah berhasil melaksanakan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yag dilakukan penilaiannnya melalui beberapa indikator.

Terlepas dari penghargaan tersebut kini Bangka Tengah semakin membenah diri agar 2018 yang akan datang dapat merebut kembali penghagaan yang sama  untuk tingkat Utama. Berbagai program implementasi pengarusutamaan gender mulai diperkuat. Salah satunya adalah program industri rumahan (IR). Bangka Tengah termasuk salah satu kabupaten piloting dari KPP-PA bersama dengan 13 kabupaten/kota provinsi lainnya yang merupakan binaan Asdep PUG bidang Ekonomi.

Program diawali dengan Mou antara KPP-PA dengan Bupati Bangka Tengah yang  sudah mulai dilaksanakan tahun 2016. Dan kini sudah dalam tahap pengembangan. Untuk memonitoring pelaksanaan perogram IR ini tanggal 3 Agustus 2017 bertempat di ruang rapat Bappelitbang Bangka Tengah dilaksanakan rapat koordinasi tim pelaksana pengembangan industri rumahan dan pendamping industri rumahan.  Rapat dipimpin oleh Bappelitbang selaku ketua pokja dengan mengundang Kementerian PPPA, Dinas P3ACSKB dan Bappeda Provinsi. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauhmana perkembangan program IR dan ingin mendapatkan informasi mengenai rencana kedepan pengembangan program IR ini di Kabupaten Bangka Tengah Dalam program IR ini ternyata  Bangka Tengah telah melibatkan dunia usaha seperti Giant, hypermart dan pihak perhotelan untuk berperan dalam memasarkan produk IR ini.  Dan ini merupakan best praktice yang akan dibagikan oleh tim dari KPP-PA ke Kabupaten lain ungkap Susanti selalu Kabid  Perindustrian Perdagangan KPP-PA.

Kedepannya Pemkab Bangka Tengah akan mengembangka model IR ini di Desa Kurau karena Pemkab Bangka Tengah melalui Kepala Bappelitbang akan menjadikan Desa kurau sebagai desa terintegrasi dengan multi program. Semoga  kemajuan  Bangka Tengah menjadi inspirasi kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung....Aamiin. // Mar

Sumber: 
-
Penulis: 
Martina
Fotografer: 
Martina
Editor: 
Yanuarson