Berita

PERSIAPAN PEMILU 2019, DP3ACSKB LAKUKAN MONITORING KE DUKCAPIL BANGKA TENGAH

KOBA-- Untuk memantau persiapan Pemilu pada 17 April 2019 nanti, DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan monitoring ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis (11/4/2019). Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Bangka Tengah Rahmat Syahrial dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) A. Raferi. 

"saat ini masih tersisa perekaman wajib KTP bagi usia 17 tahun dengan jumlah kurang lebih 900 jiwa (pemilih pemula), dan sisa Print Ready Record (PRR) berjumlah 170 yang belum dicetak KTP-el nya karena belum berusia 17 tahun namun sudah kami lakukan perekaman", jelas Rahmat. 

Dijelaskan Rahmat target perekaman untuk pemula terus dikejar hingga menuju desa baik pada jam kerja maupun diluar jam kerja malam hari bahkan hingga sabtu-minggu masih terus dilakukan perekaman. Untuk perekaman di sekolah-sekaloh telah dilakukan jemput bola kurang lebih ke 18 sekolah termasuk pesantren yang ada di Bangka Tengah. 

"Mengenai penerapan tanda tangan elektronik (TTE) Dukcapil Bangka Tengah telah siap namun belum dilaksanakan kebijakan tersebut, hal ini dikarenakan belum adanya sosialisasi dan payung hukum terkait kebijakan TTE tersebut dari Ditjen Dukcapil Kemendagri RI" jelasnya. 

Dituturkan Rahmat bahwa di Kabupaten Bangka Tengah hanya terdapat dua orang warga asing dan ini sudah didata, satu orang yang memiliki keterangan izin tinggal tetap (KITAP) dan telah diterbitkan KTP bagi warga negara asing dan Kartu Keluarga karena telah menikah dengan WNI. Sedangkan untuk satu orang warga asing di Bangka Tengah memiliki keterangan izin tinggal sementara (KITAS) dengan keterangan WNA dan telah diterbitkan surat keterangan biodata WNA nya oleh Dukcapil Bangka Tengah. 

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Wawan
Editor: 
Kabid Dukcapil
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB