Berita

Perkuat Kampung KB, DP3ACSKB Gelar Rapat Sinergitas

Pangkalpinang-- DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat sinergitas  pembangunan kampung KB dan agenda terpadu 2019 di ruang rapat Gubernur Selasa (29/1/2019). Rapat dipimpin langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman dan dihadiri oleh Kepala DP3ACSKB, Kepala Dinkes Babel, Kepala Dindik Babel, Kepala Dinkop&Ukm Babel, Kepala Dinsos Babel, Kepala DMPD, Kepala Dinas Kearsipan&Perpustakaan Babel, Kepala BKKBN Babel.

Kepala DP3ACSKB Susanti mengungkapkan Kampung KB Cikar merupakan simbol sinergitas dalam membangun masyarakat Bangka Belitung. Susanti berharap Kampung KB di Bangka Belitung memiliki rumah data dan memiliki program-program penguatan dan pengembangan dari lintas sektor.

"Pemerintah Provinsi sendiri telah menuangkan kebijakan berupa Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 40 Tahun 2018 entang Pengembangan Kampung Keluarga Berencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung" jelas Susanti.

Ada beberapa program untuk mendukung program Kampung KB yang dikemukakan oleh Kepala BKKBN Babel Etna Estelita diantaranya Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia. Gubernur Erzaldi berharap dinas-dinas terkait dapat bersinergi dalam melaksanakan tiga program tersebut. Dinas pendidikan dan dinas kesehatan bisa bersinergi dengan melakukan bina keluarga balita melalui PAUD dan posyandu.

"untuk UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga), BKKBN bisa berkoordinasi dengan Kadiskop&UKM" jelas Erzaldi.

Kadiskop&UKM Elfiyena mengungkapkan ada sekitar 90 UPPKS yang telah didata oleh BKKBN dan akam mendapatkan pembinaan oleh Diskop&UKM. Untuk bina keluarga remaja, Erzaldi berharap setiap SLTA dapat membentuk Saka Kencana sebagai wadah kelompok remaja.

"untuk Bina Keluarga Lansia saya harap Dinas Sosial bisa bersinergis mendata berapa banyak jumlah lansia di desa-desa di Bangka Belitung" tambah Erzaldi.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Kabid PPKB
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB