Berita

Peringatan Hari Anak Nasional, Gubernur: 75 Persen Pendidikan Orang Tua Bikin Sukses Anak

PANGKALPINANG - Pendidikan dari orang tua memberikan pengaruh besar terhadap kesuksesan seorang anak. Sebab sekitar 75 persen pendidikan dari orang tua terbukti menciptakan anak-anaknya menjadi orang sukses. Orang tua sudah memberikan pendidikan kepada anak mulai dari usai nol tahun.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Erzaldi Rosman, SE. MM menjelaskan, sejak lahir khususnya untuk anak-anak umat Islam sudah diperdengarkan suara adzan. Ini bentuk pendidikan dan kasih sayang orang tua terhadap anak. Besar peran ibu dalam mendidik, untuk itu tidak berlebihan jika memberikan kasih sayang lebih untuk ibu.

"Kasih sayang kepada seorang ibu itu harus lebih diberikan seorang anak," pesan Gubernur saat Peringatan Hari Anak Nasional, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (14/12/2020).

Saat peringatan hari anak kali ini, Gubernur melakukan pengukuhan Melati Erzaldi sebagai Bunda Forum Anak "Bisa" Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2020-2022.

Tampak hadir pada kegiatan ini Bunda Hj. Laksmi Darmayanti, SE.MM istri Wakil Gubernur  Kepulauan Bangka Belitung, Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra, Susanti, M.AP serta unsur Forkompinda.

Peringatan hari anak memperhatikan protokol covid-19, sehingga selain tatap muka, kegiatan ini juga dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Sejumlah anak-anak se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung aktif mengikuti acara via zoom.

Gubernur mengungkapkan, tema peringatan hari anak kali ini cukup menarik yakni, Indonesia maju dan anak Indonesia gembira di rumah. Ini merupakan bentuk kehati-hatian dalam mengantisipasi pemaparan covid-19. Pembelajaran banyak visual di rumah, jika kalian lolos maka menjadi orang yang lebih sukses.

"Mulailah hari dengan salat Subuh. Anak-anak harus mandi terlebih dahulu sebelum belajar menggunakan zoom metting, sehingga belajar menjadi menyenangkan," jelasnya.

Orang tua melatih anak-anak untuk disiplin. Gubernur mencontohkan, hal paling mendasar saat bangun tidur membersihkan tempat tidur, itu sudah bagian dari pada pembelajaran orang tua kepada anak. Pendidikan disipilin mempersiapkan anak-anak di masa depan.

Orang tua jangan takut memberikan pendidikan untuk anak. Gubernur mengatakan, sebab ada beberapa orang tua  takut dengan anak, dan ini sikap keliru. Anak-anak harus mengembangkan diri sejak dini dengan dorongan dan pendidikan dari orang tuanya.

"Anak-anak gembira di rumah, masih ada pekerjaan lain yang bisa dikerjakan sesudah belajar. Bikin bahagia orang tua. Strika baju, mencuci baju sendiri," sarannya.

Sementara saat dialog bersama anak-anak, Melati Erzaldi Bunda Forum Anak "Bisa" Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjanji akan fokus memberikan perhatian kepada anak-anak di Bangka Belitung. Selain itu siap mengakomodir keinginan anak-anak.

Tak kalah penting, Bunda menyarankan agar anak-anak memperhatikan protokol covid-19 dengan benar, agar tidak terpapar penyakit ini. Selain itu tidak melakukan pernikahan usai anak. Forum anak diharapkan bisa menjadi contoh bagi anak-anak lain agar tidak menikah di usai anak.

Banyak dampak negatif jika melakukan pernikahan usia anak. Salah satunya bermasalah dengan kesehatan, dan ini menjadi faktor terjadinya stunting. Anak-anak mesti mempunyai pandangan sama untuk persoalan satu ini.

"Jangan menikah usia anak, raihlah cita-cita. Kita berupaya menjadikan provinsi layak anak, agar itu terwujud maka kabupaten di seluruh Bangka Belitung harus layak anak. Anak-anak harus tetap gembira, berakhlak baik mandiri dan tangguh," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra. Susanti, M.AP. Forum anak hendaknya terus memikirkan dan menjalankan programnya. Cari waktu yang tepat untuk membahas program forum anak.

"Jika ingin membahas program Forum Anak, cari waktu libur seperti hari Sabtu dan Minggu. Jangan rapat membahas kegiatan malam hari," pesannya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB