Berita

PENGUATAN FORUM ANAK KOTA PANGKALPINANG, INI PESAN SUSANTI

Pangkalpinang-- Forum anak merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah sebagai wadah bagi partisipasi anak. 
Demikian diungkapkan oleh Kepala DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung saat menjadi narasumber pada kegiatan Forum Anak Kota Pangkalpinang Rabu (27/3/2019) di Hotel Grand Mutiara.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) ini dihadiri oleh puluhan anak yang merupakan perwakilan dari pelajar-pelajar dari Kota Pangkalpinang. Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi stop perkawinan anak. 

"hak anak sesuai konvensi anak dunia ada empat yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi." ujarnya.

Susanti menuturkan contoh hak hidup adalah hak memiliki identitas, hak tumbuh kembang misalnya hak untuk diberi makan yang bergizi agar pertumbuhan anak sesuai usia dan bebas stunting, hak perlindungan misalnya hak untuk memperoleh rasa aman, perlindungan dari orang jahat, fasilitas jalan ke sekolah aman, lingkungan keluarga yang aman.

"hak-hak kalian ini bisa kalian sampaikan di musrenbang, forum anak harus diikutsertakan dalam musrenbang agar dalam perencanaan pembangunan di prioritaska juga pemenuhan kebutuhan anak-anak ini"tambahnya.

"Bangka Belitung saat ini berada pada ranking ketiga nasional tertinggi angka perkawinan anaknya, selain masalah ekonomi penyebabnya juga unsur budaya, keluarga yang broken home dan kemajuan teknologi, namun saya ingin membalikkan pola pikir tersebut yakni kemajuan teknologi harus bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan anak" jelas Susanti.

Susanti menghimbau agar anak-anak di forum anak ini bisa memberikan teladan dengan menimba ilmu setinggi-tingginya,memperoleh pekerjaan dan baru melanjutkan ke jenjang pernikahan, juga bangun soft skill dari sejak dini seperti kemampuan berkomunikasi, attitude yang baik, jujur, beretika dan disiplin.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Lisia ayu
Editor: 
Kabid PPPA
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB