Berita

Pengarusutamaan Gender Melibatkan Semua PD, Ini Bentuk Pemberdayaan Perlindungan Perempuan

PANGKALPINANG -- Pengarusutamaan gender (PUG) bukan hanya menjadi tugas dan fungsi DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saja, PD juga mempunyai peran yg sangat penting untuk pelaksanaan PUG,  terutama PD driver Bappeda, Bakuda, Inspektorat adalah sebagai motor atau penggerak pelaksanaan PUG di daerah, PD hendak punya program kegiatan  dan bahkan inovasi tentang PUG.

Demikian dikatakan Kepala Bidang PKHP DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wardiah, SH. MH saat mewakili kepala dinas pada kegiatan zoom metting persiapan verifikasi PUG Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Semoga tahun ini provinsi kembali meraih  penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya  meningkat ke kategori Utama/mentor. Ini hendaknya menjadi harapan kita semua," harapnya, Rabu (24/2/2021).

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mempunyai komitmen untuk menerapkan PUG. Begitu juga dengan kebijakan umum dan operasional. Sedangkan mengenai SDM, sudah menyiapkan tenaga terlatih. Mengenai inovasi, kini Bangka Belitung sudah memiliki Sekuntum Melati" (sekolah perempuan untuk menjadi perempuan mandiri dan terlatih) dan inovasi pemetaan pelaku Industri Rumahan (IR) sebagai tindak lanjut MoU pemerintah provinsi dengan Institus Sains & Bisnis Atma Luhur (ISB) Pangkalpinang.

Penilaian inovasi dari kementerian nantinya untuk inovasi yang sudah dilaksanakan, dan Sekolah Perempuan sudah berjalan. Tahun lalu, Sekolah Perempuan sudah mewisuda siswa. Adapun siswa sekolah ini, adalah ibu-ibu belum atau sudah mempunyai usaha (industri rumahan).

Kondisi sekarang provinsi sedang di verifikasi oleh Tim KPPPA melalui data PUG yang sudah di input di dalam Aplikasi APE dari KPPA. Selanjutnya akan diadakan verifikasi atau uji peti lapangan secara langsung, seperti sebelumnya, tim dari Kementerian PPPA dan tim independen lainnya memilih secara acak dinas yang mempunyai program anggaran responsif gender (PUG).

Dijelaskan juga bagi PD yang belum paham tentang PUG dan penyusunan ARG  DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melakukan pendampingan.

Sekarang ini data tentang pelaksanaan PUG masih bisa untuk ditambahkan kembali pada saat verifikasi lapangan dengan matrik yang ada, dikarena pengisian data diaplikasi secara online terjadi kendala. Bagi  PD untuk segera  menyampaikan data dan fasilitas atau saspras yang sudah disediakan seperti ruangan laktasi, fasilitas disabilitas, ruang bermain  anak, musollah, toilet dan sejumlah fasilitas lainnya terkait PUG yang sifatnya responsif gendet

"Selain itu pada kesempatan tersebut diharapkan bagi PD bisa menyediakan sasparas responsif gender, sehingga memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi perempuan," jelasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB