PELATIHAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

PELATIHAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Pangkalpinang_Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI melalui Dinas P3ACSKB menyelenggarakan Pelatihan Sekolah Ramah Anak (SRA) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan bertempat di Hotel Puncak,Pangkalpinang Senin, 7 Agustus 2017.

Sesuai dengan judulnya, pelatihan ini diikuti oleh perwakilan pendidik dan tenaga kependidikan Sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjumlah 72 orang.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh ibu Sekretaris DP3ACSKB, Ibu Hj. Rita Aryani. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa guru di sekolah dasar dan taman kanak-kanak mnimal harus memiliki tiga potensi yakni memiliki rasa kecintaan kepada anak, memahami dunia anak serta mampu mendekati anak dengan tepat.

Selain itu beliau juga mengajak para pendidik dan tenaga kependidikan untuk memberikan kontribusi pada perwujudan Kabupaten/Kota Layak Anak. “ mari kita semua mendukung program pemerintah yaitu, gerakan anti kekerasan pada anak melalui sekolah ramah anak sehingga kedepannya diharapkan akan dapat menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak” tuturnya.

Setelah acara dibuka secara resmi oleh sekretaris Dinas, kegiatan dilanjutkan dengan penyajian materi oleh narasumber dari asdep pemenuhan hak anak atas penddikan, kreatifitas dan budaya Deputi Tumbuh Kembang anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak RI. Materi yang disampaikan antara lain Kebijakan Sekolah ramah Anak, Konvensi Hak Anak dan Disiplin Positif.

Selanjutnya setelah peserta diberikan materi sebagai pembuka wawasan dari narasumber Kementerian PPPA, acara mulai dipandu oleh beberapa fasilitator dari latar belakang yang berbeda yaitu dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yayasan Bina Sejahtera Bandung, Kementerian PPPA dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Brebes yang merupakan contoh dari sekolah yang telah menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak.

Kembali bertindak sebagai penutup acara secara resmi, ibu sekretaris dinas juga mengutarakan harapannya agar Pemenuhan Hak Anak dapat terwujud melalui Sekolah Ramah Anak. Tentu saja dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang telah terlatih dan berkomitmen dalam upaya perwujudan Sekolah Ramah Anak di masing-masing sekolah dimana mereka mengabdi.

Sumber: 
-
Penulis: 
Fianda
Fotografer: 
Fianda
Editor: 
Yanuarson