Berita

OPTIMALKAN PELAYANAN, DP3ACSKB OPERASIKAN MOBIL PERLINDUNGAN (MOLIN)

PANGKALPINANG-- Demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten/Kota di Bangka Belitung melakukan gerakan jemput bola dengan mengoperasikan Mobil Perlindungan (MOLIN)  pada jadwal tertentu di pusat keramaian di kabupaten/kota.

Molin ini merupakan pemberian dan salah satu program unggulan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada tahun 2016. Petugas Molin akan mendengar dan mendata curhatan/konseling masyarakat tentang apapun bukan hanya tentang kekerasan saja. Seorang petugas dari DPPPA Kabupaten/Kota akan melayani konseling ini. Saat ini enam kabupaten/kota di Bangka Belitung sudah memberikan pelayanan Molin ini.

Jadwal Molin untuk Kabupaten Bangka berlokasi di Taman Kota Sungailiat tiap Kamis jam 10.00-11.00 wib, untuk Kota Pangkalpinang berlokasi di Alun-Alun Taman Merdeka tiap minggu jam 07.00-09.00, untuk Kabupaten Bangka Barat berlokasi di Taman Wisata Iklim Kelurahan Tanjung pantai Teluk Rubiah jam 16.00-18.00 wib hari sabtu tiap minggu kesatu dan ketiga, untuk Kabupaten Bangka Selatan berlokasi di depan Gedung Nasional jam 16.00-18.00 wib hari rabu pada minggu kedua dan keempat, Kabupaten Bangka Tengah berlokasi di Pasar Modern hari minggu jam 08.00-11.00 wib, dan untuk Kabupaten Belitung berlokasi di Tanjung Pendam pada hari minggu jam 07.00-10.00 wib.

Keberadaan Molin ini untuk mendukung penguatan kelembagaan perlindungan perempuan dan anak di daerah. Molin memfasilitasi korban kekerasan, terutama dalam proses konselin, trauma healing, persidangan, rehabilitasi dan reintegrasi sosial.

Molin juga merupakan salah satu bentuk sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di masyarakat. Kepala DP3ACSKB Babel Susanti menuturkan bahwa kekerasan pada perempuan dan anak ini seperti fenomena gunung es, masyarakat yang melaporkan kejadian kekerasan hanya sedikit padahal banyak kejadian kekerasan terjadi di masyarakat baik itu kekerasan secara psikis, fisik, maupun seksual.

"Dengan adanya  molin ini diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin  melaporkan dan curhat tentang apapun di molin ini bukan hanya mengenai kekerasan saja tanpa perlu datang kekantor DPPA di kabupaten/kota"jelasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Syaifudin/Aldino
Editor: 
Ka. UPTD PPA
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB