Berita

Motivasi Kepada Warga Binaan pada PHI ke-90 di Lapas Perempuan

Pangkalpinang-Bersama PERWIRA Perempuan Berdaya, Ekonomi Jaya, itulah tema yang diangkat dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 di Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang. DPD Perwira Provinsi Kep.Bangka Belitung dan DPC Perwira Kota Pangkalpinang berkerjasama dengan Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang menyelenggarakan PHI ke-90 tahun 2018 ini pada Jumat (28/12/18).

Kepala DP3ACSKB Provinsi Kep.Bangka Belitung Susanti hadir dan memberikan sambutan serta motivasi kepada para perempuan warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang.

"Ibu-ibu jangan menyerah, saya sudah melihat hasil karya ibu-ibu semua dan semuanya sangat bagus. Jadi saya harapkan ibu-ibu tetap mampu berkarya dan mengembangkan dirinya di lapas ini sehingga saat keluar dan kembali ke keluarga nanti ibu bisa berkarya," ungkap Susanti. Di akhir sambutannya, Susanti mengajak seluruh warga binaan bernyanyi lagu Jangan Menyerah dari D'massiv untuk memotivasi warga binaan agar tidak menyerah.

"Lebih baik menjadi baik setelah buruk, daripada buruk setelah baik. Jadi jangan menyerah untuk menjadi orang baik," ungkap Susanti.

Selanjutnya istri Wakil Gubernur Kep.Bangka Belitung Laksmi Fattah memberikan motivasi dalam sambutannya kepada warga binaan. "Saya mohon dan meminta kepada warga binaan, semoga menjadi lebih baik dan mampu mandiri di luar nanti," ungkap Laksmi. Laksmi Fattah menambahkan bahwa jalan hidup orang tidak semuanya mulus dan memotivasi warga binaan agar tetap optimis dan terus berkarya dalam segala keterbatasan. Bahkan Laksmi memuji hasil karya batik dan masakan para warga binaan yang ditampilkan.

Acara yang dilaksanakan di Rg. Serbaguna Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Kep.Bangka Belitung Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Syahruddin. Turut hadir pada acara ini istri Sekretaris Daerah Kep.Bangka Belitung Kartini Yan Megawandi dan Ketua DPD Perwira Provinsi Kep.Bangka Belitung Isnawati Hadi. Syahruddin membacakan sambutan Menteri KPPPA RI pada PHI ke-90 ini.

"PHI diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan," jelas Syahruddin.

Pada acara ini juga dilaksanakan penandatanganan tiga MoU Kerjasama antara DPD Perwira Provinsi Kep.Bangka Belitung dengan Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang untuk kerjasama pelatihan kriya, kerjasama pemasaran produk lapas dengan Ishadi, dan kerjasama antara Lapas dengan CV. Putri Wijaya Batik Kampung Katak dalam bentuk kerjasama produk batik.

Ragam agenda juga dilaksanakan pada PHI ke-90 di Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang ini, terdapat tausiyah, kuis, lomba-lomba, serta hiburan untuk tamu dan warga binaan lapas. Pada agenda kuis, Kepala DP3ACSKB Susanti berkesempatan memberikan kuis dan mempersembahkan hadiah bagi warga binaan yang berhasil menjawab kuis dari Susanti. Warga binaan sangat antusias pada sesi kuis ini.

Kegiatan Lapas Perempuan Kelas III

Di awal acara, terdapat sesi Selayang Pandang dari Ketua  Lapas Perempuan Kelas III Kota Pangkalpinang Nebi Viarleni. Sebagai lembaga yang baru 8 bulan di Kota Pangkalpinang, Ketua Lapas Perempuan Kelas III Nebi Viarleni memperkenalkan profil serta menjelaskan semua kegiatan yang dilaksanakan di lapas. Nebi Viarleni mengungkapkan banyak pelatihan yang diberikan kepada warga binaan, seperti pembinaan agama, pelatihan massage, masak, dan keterampilan. "Kami buat nuansa kekeluargaan di Lapas ini sebagai bentuk cinta kasih kami kepada seluruh warga binaan kami. Kami ingin semua warga binaan kami memiliki kemampuan sendiri  dan mampu berdaya saat keluar nanti," jelas Nebi Viarleni.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Tasya Eliani
Fotografer: 
Tasya Eliani
Editor: 
Lisia Ayu
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB
Tags: 
hari ibu