Menteri Yohana dan Wagub Hidayat Hadiri Moon Festival di Bangka

Menteri Yohana dan Wagub Hidayat Hadiri Moon Festival di Bangka

Bangka – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise dan Wakil Gubernur Kepulaun Bangka Belitung (Babel) Hidayat Arsani menghadiri perayaan Moon Festival atau ritual Sembayang Bulan yang digelar di Vihara Puri Tri Agung Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (18/09/2016) malam.

Keduanya tampak akrab di antara tamu dan undangan lainnya. Malam itu, Menteri Yohana terlihat kontras mengenakan pakaian merah menyala dengan selendang berwarna orange. Di lehernya terdapat rangkaian bunga merah-putih yang dikalungkan sebagai tanda penyambutan. Sedangkan Wagub Hidayat Arsani berbatik merah berpadu celana hitam.

Dalam sambutannya, Hidayat mengaku bahagia bisa berada dalam harmoni keberagaman dan toleransi yang baik.

"Selain kesyukuran kepada Sang Pencipta, ritual moon festival ini juga membawa berkah kebersamaan," kata Hidayat.

Wagub berharap kebersamaan tersebut terus terjaga sehingga rasa aman dan damai di Bangka Belitung tetap terjaga.

Menurutnya, selain toleransi yang tinggi Babel memiliki banyak kekayaan alam dan budaya. Semua itu harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan sebagai potensi besar yang mewarnai sumberdaya dan kekayaan nasional.

"Ini semua menjadi modal bagi kita untuk membangun Indonesia, khususnya membangun Bangka Belitung yang sejahtera," ajaknya.

Sementara itu, Menteri PPPA Yohana Yembise mengaku kagum dan bangga melihat kerukunan yang dibangun masyarakat Babel. Tercermin dari berbaurnya warga dalam menghadiri moon festival.

Selain menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terpeliharanya toleransi di tengah masyarakat Babel, Yohana juga menyinggung upaya melindungi dan menjaga kaum perempuan dan anak dari tindakan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Dikatakan, penugasan dirinya sebagai Menteri PPPA salah satunya bertujuan agar hal-hal yang berkaitan dengan perempuan dan anak dapat diakomodir menjadi lebih baik. Termasuk meningkatkan peran strategis perempuan dalam segala bidang.

"Jangan sampai ada penelantaran anak dan kekerasan dalam rumah tangga," katanya mengingatkan.

Moon festival yang dipusatkan di Vihara Puri Tri Agung di kawasan Pantai Tikus, Sungailiat, dihadiri sejumlah petinggi daerah. Termasuk diantaranya Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi beserta beberapa Kepala SKPD Pemprov Babel.

Diperkirakan sedikitnya tiga ribu orang memadati lokasi acara. Meski acara beberapa kali diguyur gerimis, tak menyurutkan antusiasme warga.

Suasana tambah meriah saat Wagub Hidayat Arsani turun dan berbaur di antara ribuan pengunjung. Bahkan Hidayat didaulat untuk menyumbangkan suaranya.

Acara yang digagas Pengurus Puri Tri Agung diisi sejumlah penampilan, antara lain atraksi barongsay, tarian kreasi dan tradisional, hingga pelepasan balon.

Panitia juga menghadirkan sejumlah selebriti ibukota, antara lain pembawa acara kondang dan mantan pemain Lenong Rumpi Harry de Fretes, artis sekaligus legislator Anang Hermansyah, serta artis lawas era 80-an Dian Piesesha.

Bagi warga Tionghoa di Bangka Belitung, ritual Sembayang Bulan dikenal sebagai Pat Ngiat Pan. Biasanya yang merayakan akan membeli kue bulan, baik untuk keperluan sembayang maupun disantap bersama keluarga pada malam Pat Ngiat Pan. Hal itu dilakukan sambil menikmati cahaya bulan pada malam itu yang mereka percaya akan bersinar lebih terang dan besar. (loes)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus Wijaya
Fotografer: 
Lulus Wijaya
Bidang Informasi: 
Humas