LURAH SEMABUNG LAMA PANGKALPINANG JADIKAN WILAYAHYA MENJADI KELURAHAN PEDULI PEREMPUAN DAN ANAK

LURAH SEMABUNG LAMA PANGKALPINANG JADIKAN WILAYAHYA MENJADI KELURAHAN PEDULI PEREMPUAN DAN ANAK

Masih segar dalam ingatan kita ketika kasus kekerasan yang terjadi terhadap anak di Kelurahan Semabung Lama yang mengakibatkan berakhirnya dengan kematian dua orang anak sekaligus oleh orang tua kandungnya sediri. Peristiwa naas tersebut ternyata membawa trauma tersendiri baik terhadap masyarakat, terlebih lagi bagi seorang pimpinan di daerah tersebut. Oleh karenanya Sebagai lurah Semabung lama beserta jajarannya betekad untuk menjadikan kelurahan yang peduli terhadap perempuan dan anak.Tentu saja ada banyak hal yang harus dlakukan oleh Beliau antara lain adalah dengan membentuk PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat). PATBM di Kelurahan ini dinamakan PATBM Ceria yang beranggotakan para relawan yang bekerja denga semangat gotong royong.

Awal mulanya memang PATBM ini pembentukannya diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI. Oleh karenanya sebagaimana PATBM di kabupaten lain, maka PATBM Ceria inipun mendapat anggaran stimulan untuk operasional kegiatannya. Namun demikian para aktiifis PATBM ceria tidak hanya mengandalkan bantuan dari pusat saja namun mereka berupaya dengan menggandeng para perusahaan kecil diwilayah tersebut untuk ikut menyumbang jika akan dilaksanakan kegiatan. Syukurnya kegiatan tersebut direspon oleh perusahaan yang ada di sekitar kelurahan tersebut. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh aktifis PATBM ceria seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah, patroli malam setiap seminggu 2 x, serta kerjasamadengan kepala RT untuk secepatnya melaporkan kegiatan-kegiatan yang dianggap mengarah pada hal-hal negatif atau yang mencurigakan.

Tidak hanya sampai disitu kelurahan Semabung Lama juga sudah membentuk Forum KDRT yang anngotanya merupakan para ibu-ibu PKK dikelurahan setempat. Forum ini dijadikan sebagai lembaga konsultasi oleh Pak Lurah sehingga bila ada yang mengalami kekerasan atau bermasalah dengan keluarga dapat datang langsung ke forum yang terletak bersebelahan dengan kantor Lurah tersebut. Melalui anggaran PKK forum ini dapat menjalankan kegiatannya seperti sosialisasi kepada para ibu-Ibu pada pertemuan bulanan posyandu. Dengan kegiatan-kegiatan  ini Semoga Kelurahan Semabung Lama menjadi Kelurahan yang ramah anak. //mar

Sumber: 
-
Penulis: 
Martina
Fotografer: 
Martina
Editor: 
Yanuarson

Berita Berdasarkan Kategori