Artikel

Komunikasi Efektif Kepada Anak

Komunikasi nampaknya menjadi hal yang sepele bagi sebagian orangtua sehingga orangtua tidak terlalu menganggap serius perihal komunikasi. Namun tahukah anda bahwa komunikasi justru menjadi elemen penting dan utama dalam membangun hubungan yang harmonis dan kuat antara orangtua dan anaknya. Berkomunikasi dengan anak anda sama halnya seperti anda berkomunikasi dengan teman-teman anda atau orang lain yang anda anggap penting. Menjadi pembicara yang baik dan pendengar yang baik merupakan dua hal penting yang sebaiknya anda terapkan ketika berkomunikasi dengan anak anda. 

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang yang lain yang memiliki tujuan akhir agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik bahkan mampu merubah dan menggerakkan orang tersebut untuk melakukan apa yang disampaikan, inilah yang dimaksud dengan komunikasi efektif. Tentu setiap orangtua ingin agar apa yang disampaikan kepada anaknya dapat diterima dengan baik dan menghasilkan anak yang penurut serta dekat dengan orangtuanya.

Dibawah ini beberapa tips untuk membangun komunikasi yang efektif dengan anak anda:
1. Berbicaralah dengan anak di waktu yang tepat
Anda tentu paham bahwa anak seringkali hanya berfokus pada satu hal dan hanya ingin mendengar apa yang dia sukai, ketika anak sedang sibuk melakukan sesuatu janganlah mencoba untuk berbicara hal yang penting dengannya. Tunggulah hingga dia selesai atau cari cara agar anda mendapatkan perhatiannya, saat itu barulah anda dapat berbicara dan menyampaikan maksud anda.
2. Luangkan waktu sesering mungkin untuk berbicara dengan anak
Hubungan yang harmonis dan kuat dapat terbentuk ketika adanya intensitas dan konsistensi antara orangtua dan anak, bukan tentang kuantitas pertemuan akan tetapi kualitas dari pertemuan. Dan akan jauh lebih baik jika kualitas pertemuan dan pembicaraan diciptakan dalam banyaknya pertemuan antara orangtua dan anak. Meskipun sibuk, berusahalah untuk meluangkan waktu khusus untuk berbicara dengan anak setiap harinya sehingga anak tidak merasa kosong dan justru merasa orangtuanya sangat memperhatikannya. 
3. Menjadi pendengar yang baik untuk anak
Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh anak, meskipun anda tidak selalu setuju dengan pendapat anak anda. Setidaknya anda jadi semakin memahami anak anda.
4. Berikan pertanyaan yang terbuka kepada anak
Daripada hanya basa-basi menanyakan “bagaimana sekolah tadi?” kepada anak, lebih baik menanyakan tentang pendapatnya terkait buku yang dia baca, atau film yang baru ditonton atau bagaimana pendapatnya tentang suatu hal. Ajukanlah pertanyaan yang lebih dari sekedar jawaban “ya atau tidak”.
5. Beri tahu kepada anak tentang harapan anda kepadanya ketika anda memberikan instruksi atau pengaturan.
Hanya terus menerus memberi instruksi dengan beranggapan bahwa anak anda akan memahaminya adalah hal yang terlalu mustahil, karena anak masih dalam perkembangan dalam berfikir dan mengolah informasi. Jadi apa salahnya mengungkapkan kepada anak tentang harapan dan keinginan anda terhadapnya.
6. Menahan diri anda untuk menasehati anak dalam kondisi emosional anak yang belum kondusif untuk berfikir.

Lebih baik untuk menahan diri dan menunda diskusi daripada harus menasehati anak yang usianya masih terlalu muda atau ketika anak sedang dalam kondisi tidak stabil karena akan menyia-nyiakan waktu anda. Tunggulah saat anak sudah siap menerima nasehat atau sudah memungkinkan secara emosional untuk berfikir dan mencerna nasehat anda.
Anak adalah cerminan diri anda, maka jika ingin anak anda berkomunikasi yang baik maka berilah contoh kepada anaknya, tunjukkan kepadanya bagaimana anak berbicara yang baik, bersikap dan berperilaku yang baik sehingga anak mendapatkan contoh dan panutan yang baik.

 

Penulis: 
Tasya Eliani
Sumber: 
Sumber : https://www.education.gov.gy/web/index.php/parenting-tips/item/1878-how-to-communicate-effectively-with-children
Tags: 
Komunikasi | Anak | keluarga | Forum Anak | parenting

Artikel

26/12/2018 | DP3ACSKB
17/12/2018 | DP3ACSKB
13/12/2018 | DP3ACSKB
13/12/2018 | Sumber : https://www.education.gov.gy/web/index.php/parenting-tips/item/1878-how-to-communicate-effectively-with-children

ArtikelPer Kategori