KELURAHAN KELAPA FOKUS PEMBANGUNAN PEREMPUAN DAN ANAK

KELURAHAN KELAPA FOKUS PEMBANGUNAN PEREMPUAN DAN ANAK

Semangat Bangka Barat untuk menuju Kabupaten Layak Anak memang sudah tercermin dari adanya upaya setiap desa dan kelurahannya untuk berbenah diri dan membuat program-program yang pro perempuan dan anak, salah satunya adalah Kelurahan Kelapa. Kelurahan ini dipimpin oleh seorang Lurah perempuan sehingga dengan mudah program-program yang terkait dengan pembangunan perempuan dan anak lebih mudah terlaksana. Sama halnya dengan kelurahan yang lain, maka Kelurahan Kepala pun mengalami kesulitan dalam hal anggaran, akan tetapi Kelurahan ini memang memiliki keuletan sendiri yang sudah tertanan pada masyarakatnya. Dikelurahan tersebut pun terdapat beberapa orang Kepala RT nya adalah perempuan sehingga ini menjadi modal bagi Kelurahan ini untuk dapat mendeklarasikan kelurahannya menjadi kelurahan yang peduli terhadap perempuan dan anak.

Dari sisi perlindungan perempuan dan anak, Bu Lurah beserta perangkat nya melakukan razia jam malam, sosialisasi yang dilakukan oleh forum KDRT kelurahan Kelapa, serta pembinaan keagamaan melalui tokoh-tokoh agama kelurahan Kelapa.Selama tahun 2017 terdapat 2 kasus yang terlaporkan di kelurahan yakni kasus KDRT dan kasus kekerasan anak di sekolah. Kedua kasus ini akhirnya dapat diselesaikan sampai di tingkat kelurahan saja dengan membuat surat pernyataan.

Disisi pemberdayaan perempuannya cukup mempunyai potensi. Berbagai kreatifitas yang coba dihasilkan seprti anyam-anyaman dari bahan lidi sawit yang bisa dibentuk menjadi perabotan rumah tangga serta berbagai macam jenis makanan. Tentu saja Kelurahan Kelapa ini masih memerlukan pembinaan khusus dari Dinas Pemberdayaan Perempuan atau Dinas terkait lainnya di Kabupaten Bangka barat sehingga dapat mendukung Kabupaten Bangka barat menjadi Kabupaten yang layak anak.//mar

Sumber: 
-
Penulis: 
Martina
Fotografer: 
Martina
Editor: 
Yanuarson
Bidang Informasi: 
Humas