Berita

Kejar Percepatan KLA, Pemkab Bangka Gelar Penguatan Forum Anak

SUNGAILIAT-- Gema percepatan Kabupaten Layak Anak menggema di Kabupaten/Kota di Bangka Belitung, salah satunya Kabupaten Bangka yang menyelenggarakan acara Penguatan Forum Anak Kabupaten Bangka selama tiga hari Senin-Rabu (4-6/3/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat.

Penguatan Forum Anak ini dihadiri oleh kurang lebih 100 pelajar dari se-Kabupaten Bangka. Acara dibuka oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Bangka Teddy Sudarsono.

Hadir sebagai narasumber yaitu Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPPA) RI Lies Rosdianty yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka Nurita. Penguatan Forum anak kali ini mengangkat tema 'bersama dalam bhineka bersaudara dalam budaya'.

Lies Rosdianty mengungkapkan forum anak ini merupakan wadah bagi anak untuk menyampaikan pendapat dan kita sebagai orang dewasa wajib mendengarkan dan mengakomodir pendapat anak-anak ini dan turut melibatkan anak-anak dalam pembangunan karena ini merupakan amanat nasional dan amanat undang-undang.

Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti juga turut hadir dan memberikan motivasi kepada anak-anak. Susanti menceritakan perjalanan hidupnya mulai dari masa kanak-kanaknya yang dihabiskan di Desa Kenanga Sungailiat,hingga perjalanan karirnya sampai dengan menjadi Kepala DP3ACSKB Babel saat ini.

Susanti menjelaskan bagaimana seorang anak harus bisa bersemangat dalam menuntut ilmu serta aktif menjadi Pelopor atau menjadi agen tauladan yang turut berperan aktif bagi pembangunan dan menjadi Pelapor jika ada tindakan yang mengarah pada kekerasan atau pelanggaran terhadap hak anak di lingkungannya (2P) . Pada acara ini juga sekaligus dilakukan penandatanganan deklarasi Stop Perkawinan Anak.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Aldino
Editor: 
Kabid PPPA
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB