KEGIATAN PEMBINAAN DAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (FASILITASI KB MUSPIDA) DI KABUPATEN BELITUNG

KEGIATAN PEMBINAAN DAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (FASILITASI KB MUSPIDA) DI KABUPATEN BELITUNG

TANJUNGPANDAN_ Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) melalui bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pelayanan Keluarga Berencana (Fasilitasi KB Muspida) pada hari Kamis tanggal 13 April 2017 yang lalu.  Kegiatan Fasilitasi KB Muspida bermaksud untuk meningkatkan komitmen para pemangku kebijakan agar selalu perduli dan mendukung terwujudnya tujuan nasional Program KB yaitu mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

DP3ACSKB melaksanakan kegiatan ini bekerjasama dengan OPD KB Kabupaten Belitung dan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Target peserta sebanyak 200 akseptor yang berasal dari Keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I untuk mendapatkan pelayanan KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Sebagai motivasi bagi masyarakat agar meningkatkan partisipasi keikutsertaan ber-KB, DP3ACSKB memberikan 200 paket sembako bagi para akseptor yang bersedia dilayani dengan Metode Pelayanan MKJP. Penyerahan secara simbolis langsung diserahkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bapak H. Rustam Effendi, SE kepada 10 orang akseptor di Halaman Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemerintahan Desa Kabupaten Belitung.

Dari pendataan terhadap para aseptor yang mengikuti kegiatan Fasilitasi KB Muspida di Kabupaten Belitung pencapaian targetnya cukup baik. Dari 200 akseptor yang ikut dalam kegiatan ini, 97,5% adalah akseptor yang dilayani dengan MKJP dengan rincian implant 170 orang, IUD 23 orang, MOP 1 orang dan MOW 1 orang. Namun demikian masih terdapat akseptor dengan metode hormonal jangka pendek yaitu suntikan sebanyak 5 orang. Pencapaian yang baik ini tentu saja tidak lepas dari upaya petugas atau kader yang ada di lini lapangan. Penyuluh KB, PPKBD dan Sub PPKBD merupakan ujung tombak dari keberhasilan program KB. Oleh karena itu perlu penguatan kelembagaan PKB/PLKB dengan meningkatkan kualitas serta kuantitas PKB/PLKB.

Sumber: 
Bid. KB DP3ACSKB
Penulis: 
Fianda
Fotografer: 
Fianda
Editor: 
Yanuarson
Tags: 
Fasilitasi KB Muspida