Berita

Hadiri Penguatan Forum Anak Belitung, Ini Pesan Susanti

Belitung-- Rangkaian kegiatan percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA) terus berlanjut dan kali ini Kabupaten Belitung menggelar Penguatan Forum Anak Belitung Rabu (13/3/2019) di Belitung. Penguatan Forum Anak kali ini mengangkat tema 'melalui Forum Anak Belitung jadi kan generasi milenial yang berkarakter dan peduli terhadap lingkungan'.

Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti turut menghadiri pertemuan ini.  Susanti menyampaikan bahwa forum anak adalah wadah untuk berpartisipasi dan untuk seluruh anak-anak yang hadir disini yang merupakan perwakilan anak-anak se-Kabupaten Belitung harus bisa berkontribusi menyuarakan hak-haknya dan terlibat dalam pembangunan. Susanti juga sempat memberikan games dengan melontarkan pertanyaan untuk anak-anak yang hadir. 

"Anak-anak merupakan seseorang yang belum berusia 18 tahun dan yang masih dalam kandungan seorang ibu" jelasnya.

Ada empat hak anak berdasarkan konvensi anak dunia yaitu hak hidup yang menyangkut dokumen identitas anak; hak tumbuh kembang anak; hak perlindungan berupa sekolah, ruang bermain,  fasilitas kesehatan dan lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak; dan hak partisipasi yakni dengan tertampungnya suara dan ide anak-anak dalam musrenbang.

"Kalian adalah generasi milenial yang berkarakter dan ini harus dimulai dari dalam diri kita sendiri, pribadi yang jujur dan bertanggung jawab serta hormat kepada orang tua dan harus bisa me manage emosi agar menjadi pribadi yang tidak mudah marah dan tidak mudah tersinggung" ujarnya.

 Susanti juga berpesan kepada seluruh anggota forum anak agar bisa menjaga hubungan antar personal,  mampu bekerjasama dengan tim,  kompak,  pandai dalam berkomunikasi, memimpin, mampu melaksanakan seluruh kewajiban jangan hanya menuntut hak saja, hormat terhadap orang tua dan laksanakan ibadah serta "jangan bebiakan" (jangan pacaran) harus bisa menjaga diri.  

 

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Aldino
Editor: 
Bidang PPPA
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB