Berita

H-1 PEMILU 2019, DUKCAPIL BANGKA BARAT LAKUKAN PELAYANAN 24 JAM

MUNTOK-- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Barat hari ini melakukan pelayanan hingga 24 jam,  dan tepat pukul 00.00 pada 17 April 2019 akan dicetak KTP-el warga yang tepat berumur 17 tahun sebanyak 34 keping. KTP-el ini pada pagi harinya akan diantarkan ke-7 Kecamatan oleh tim Dukcapil Bangka Barat agar yang bersangkutan bisa menggunakan hak pilihnya.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung Yuliardi saat melakukan pemantauan persiapan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka Barat pada Selasa (16/4/2019). 

Dukcapil Bangka Barat telah menyiapkan 1.000 keping blangko KTP-el dan ini diperkirakan cukup untuk persiapan Pemilu, sedangkan suket belum ada yang diterbitkan dan akan diterbitkan apabila keadaan benar-benar mendessak misalnya jaringan bermasalah atau belum print ready record. 

Dijelaskan Yuliardi saat ini tanda tangan elektronik belum diterapkan karena sedang menyiapkan struktur UPT pelayanan di Kecamatan dan sedang dipersiapkan regulasinya sehingga nantinya bisa dimaksimalkan pelayanan bisa mencetak Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di UPT di tingkat Kecamatan sehingga lebih memudahkan masyarakat. 

"Pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Bangka Barat saat ini sudah bekerjasama dengan 9 PAUD dalam rangka mendukung Kabupaten Layak Anak,  kerjasama dengak Dinkes Bangka Barat dalam rangka penanganan stunting" jelasnya. 

Dalam upaya meningkatkan pelayanan,  Dukcapil Bangka Barat juga melakukan inovasi jemput bola dengan melakukan pelayanan '1Dusun 2 Hari 1 Malam Bersama Dukcapil dan Bupati Bangka Barat',  dalam pelaksanaannya nanti akan ada petugas dari Dukcapil Bangka Barat yang melakukan pelayanan dengan menginap selama 2 hari 1 malam di dusun yang sudah dijadwalkan dan turut dihadiri Kepala Dinas dan Bupati pada hari kedua. Pada tahun 2019 ini sudah ditetapkan jadwal pelayanan di 32 dusun yang ada di Kabupaten Bangka Barat dan inovasi ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat yang lokasi rumahnya di pelosok. 

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Arief
Editor: 
Kabid Dukcapil
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB