Berita

DP3ACSKB Komitmen Melakukan Reformasi Birokrasi, Salah Satu Langkah Meningkatkan Pelayanan

PANGKALPINANG - DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin berkontribusi melakukan reformasi birokrasi. Salah satu sasaran RPJMD DP3ACSKB yakni adanya peningkatan pembangunan gender atau indeks pemberdayaan gender.

Demikian dikatakan Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dra. Susanti, M.AP saat paparan terkait Reformasi Birokrasi di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Rabu (29/7/2020).

"Adapun sasaran lainnya, meningkatnya kesejahteraan anak dengan indikator indeks perlindungan anak," jelasnya.

Menyinggung mengenai tujuan rentra, ia menjelaskan, berupaya meningkatkan kabupaten/kota untuk mendapatkan predikat layak anak. Selain itu, terkendalinya laju pertumbuhan penduduk.

lebih jauh ia menjelaskan, DP3ACSKB juga terus berupaya melakukan peningkatan kualitas hidup perempuan, perlindungan perempuan dan anak, peningkatan pengadministrasian kependudukan dan pencatatan sipil.

"Selanjutnya melakukan peningkatan keberhasilan program keluarga berencana. Kami informasikan, OPD kami ini melaksanakan tugas dari tiga kementerian," paparnya.

Mengenai tindak lanjut rekomendari Inspektorat, jelasnya, ada sepuluh rekomendasi sehubungan dengan reformasi birokrasi. Dua di antaranya, melakukan tindak lanjut seluruh pengaduan pelayanan dan kualitas pelayanan.

"DP3ACSKB juga melakukan tindak lanjut survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan," paparnya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, UPTD DP3ACSKB Babel langsung melayani kasus bersifat rujukan. Contohnya, menangani kasus KDRT dan kasus perebutan anak antara warga Babel dengan warga Jateng.

"Bekerja sama dengan beberapa stakeholder, untuk memulangkan anak tersebut kita antar sampai ke kapal. Ini kita lakukan berdasarkan SOP," tegasnya.

Pelayanan diberikan untuk membuat masyarakat bahagia. Ia mencontohkan strategi yang diterapkan pada pelayanan Adminduk.Untuk menandakan orang bahagia yakni, tidak ada komplen atau sedikit terjadi komplen.

Kendati menjalankan tugas tiga kementerian, anggaran DP3ACSKB tidaklah besar. Padahal, kata Susanti, DP3ACSKB harus mengurusi banyak hal seperti, mengupayakan agar menjadi provinsi layak anak.

"DP3ACSKB juga mengurusi agar tidak terjadi tindak kekerasan, ketahanan keluarga hingga persoalan adminduk. Walaupun kekurangan dana, semangat kami tetap oke," paparnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB