Berita

DP3ACSKB Fasilitasi Jemput Bola KTP-el

Pangkalpinang-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung memfasilitasi kegiatan perekaman KTP elektronik bagi narapidana dan tahanan pada lapas narkotika kelas III Pangkalpinang.

Kegiatan perekaman KTP elektronik ini berlangsung selama dua hari Selasa-Rabu 29-30 Januari 2019. Perekaman KTP elektronik ini melibatkan Dukcapil Kabupaten Bangka, Dukcapil Kota Pangkalpinang, Dukcapil Kabupaten Bangka Tengah dan Dukcapil Bangka Selatan. Kegiatan jemput bola ini merupakan tindak lanjut hasil rakor persiapan penetapan rekapitulasi daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih Khusus (DPK) Pemilihan umum tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Babel pada 20-21 Januari di Hotel Santika Pangkalpinang.

Kepala DP3ACSKB Susanti mengungkapkan berdasarkan data semester 2 perekaman KTP elektronik Bangka Belitung sudah mencapai 103 persen. Sampai saat ini tim Dukcapil masih melakukan jemput bola untuk perekaman KTP elektronik, tidak hanya perekaman namun juga ada yang merubah data alamat dan lain sebagainya jadi ada yang datanya perlu diperbaharui.

"Pada 17 Januari kami mulai jemput bola ke lapas baik itu lapas umum, lapas wanita, dan lapas narkotika, untuk lapas narkotika Pangkalpinang sebanyak 712 warga binaan yang diverifikasi, ada yang belum terekam, ada yang sudah pernah rekam, ada yang baru rekam saat pelayanan dan ada juga yang tidak teridentifikasi" jelas Susanti. 

Susanti menambahkan aturan terbaru KPU masih boleh menggunakan hak suara menggunakan Suket (surat keterangan) tapi kita upayakan semua terekam dan tidak ada lagi yang menggunakan suket pada saat pencoblosan nanti karena blangko kita cukup.

Kabid Dukcapil DP3ACSKB Amarullah menyebutkan pelayanan di lapas narkotika sudah melakukan rekam baru sebanyak 116 orang, sudah rekam sebanyak 514 orang, cetak KTP elektronik sebanyak 19 orang dan tidak ada data sebanyak 63 orang.

"Sesuai arahan terakhir dari Dirjen Dukcapil, kami menyasar daerah-daerah di Bangka Belitung yang belum terekam KTP elektronik, walaupun sebenarnya babel secara nasional warna nya sudah bagus untuk perekaman ktp elektronik, sudah biru" tambah Susanti.

Saat berita ini diturunkan, tim dukcapil masih melakukan pelayanan jemput bola di Lapas kelas IIA Tuatunu Pangkalpinang.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Lisia ayu& dukcapil
Editor: 
Kabid Dukcapil
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB