Berita

DP3ACSKB BABEL SOSIALISASIKAN PENTINGNYA KEPEMILIKAN AKTA NIKAH

PANGKALPINANG-- Masih banyaknya pasangan menikah di masyarakat yang belum memiliki dokumen buku/akta nikah, inilah yang melatarbelakangi dilakukannya Sosialisasi Pentingnya Legalitas Perlindungan Perempuan dan Anak Melalui Kepemilikan Akta Nikah/Perkawinan 2019 di Hotel Bangka City Rabu (25/9/2019).

"Salah satu kendala jika tidak memiliki akta nikah yaitu ketika ingin mengurus akta lahir anak" ujar Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amarullah saat mewakili Kepala DP3ACSKB Bangka Belitung.

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2016 tentang percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran, buku nikah merupakan syarat untuk mengurus akta kelahiran.

Mengundang kurang lebih 30 peserta yang berasal dari TP PKK Provinsi dan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi diharapkan  peserta dapat mensosialisasikan betapa pentingnya memiliki dokumen pernikahan di lingkungannya masing-masing.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Sekretariat KPAI Pusat Elita Gafar. Elita menjelaskan bahwa saat ini menjaga anak perempuan dan anak laki-laki sama sulitnya, karena banyak anak laki-laki yang menjadi incaran pedofil diluar sana.

Elita menuturkan bahwa Pemerintah Pusat hanya bisa membuat kebijakan, namun pemerintah daerah lah yang mengimplementasikan kebijakan itu didaerah dalam upaya melindungi anak-anak.

"Bangka Belitung sudah memiliki UPT Perlindungan Perempuan dan anak, saya harap UPT ini bisa turun kelapangan dan bisa menggantikan peran P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) ", tambahnya.

Elita juga menyebutkan bahwa hal positif DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung menaungi tiga sektor seperti Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana sehingga koordinasi tiga sektor ini bisa lebih terarah salah satunya kegiatan sosialisasi ini.

Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia ayu
Fotografer: 
Novrianto
Editor: 
Kabid Dukcapil
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB