Data Kependudukan Mutlak Diperlukan

Data Kependudukan Mutlak Diperlukan

Secara khusus UU No.24 Tahun 2013 pasal 1 point 9 menyebutkan bahwa data kependudukan adalah data perseorangan dan/atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil dari kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Agar  data kependudukan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin maka perlu dilakukan sosialisasi mengenai pemanfaaannya, kerena data kependudukan ini bersifat pribadi (privat). Oleh karena itu Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana melaksanakan  sosiaisasi pemanfaatan data kependudukan sekaligus penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas P3ACSKB dengan Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka belitung yang bertempat di lantai 3 Gedung Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 8 Juli 2017 dan dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Haryoso, SH yang sekaligus menjabat pula sebagai Plt. Kepala Dinas P3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Maksud dari Sosialisasi ini adalah memberikan informasi kepada peserta yang terdiri dari OPD se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota dengan maksud agar terciptanya persepsi dan pemahaman yang sama tentang data kependudukan dan teknis pemanfaatannya.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Haryoso, SH menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya perjanjian kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil, dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dengan Badan Keuangan Daerah merupakan langkah awal dalam hal pemanfaatan data kependudukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, oleh karenanya hal ini diharapkan menjadi pemicu bagi organisasi perangkat daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dapat memanfaatkan data kependudukan yang tentunya sangat berguna dalam penyelenggaraan pembangunan di negeri serumpun sebalai. //Mar

Sumber: 
Dukcapil DP3ACSKB
Penulis: 
Martina
Fotografer: 
Martina
Editor: 
yanuarson