Berita

Bekerja Harus Sepenuh Hati dan Selalu Mensyukuri Nikmat

PANGKALPINANG - Dra. Susanti, M.AP Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyarankan agar seluruh pegawai bisa bekerja sepenuh hati. Apalagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita harus pandai mensyukuri nikmat. Orang lain sudah mulai bekerja sejak dini hari, sementara kita masuk kerja 07.30 WIB. Nikmat manalagi yang kau dustakan," jelasnya saat apel pagi, Selasa (6/10/2020).

Sebagai manusia, jelasnya, sudah seharusnya saling nasihat menasihati. Memberikan nasihat yang benar, sebab tidak semuanya diketahui. Jika ini dilakukan, maka akan menjadi amal jariyah.

"Ada baiknya untuk menyampaikan sesuatu yang baik sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing," saran Kepala DP3ACSKB Bangka Belitung.

Saat ini DP3ACSKB sedang menjalani evaluasi internal. Diharapkan hasil evaluasi ini dapat dijadikan pelajaran, sehingga kejadian atau kesalahan yang sama tidak terulang dikemudian hari.

Pegawai di lingkungan DP3ACSKB disarankan untuk bekerja secara tim. Mengambil keputusan dengan cara berembuk atau bermusyawarah. Hendaknya dalam penyusunan angggaran terlebih dahulu harus membuat ToR dan KAK.

ToR dan KAK sangat penting, sebab menjadi pemandu dalam penganggaran. Dalam ToR terkandung 5W+1H, pertama what yakni apa kegiatan yang akan dilakukan. When, kapan kegiatan dilaksanakan, where, dimana kegiatan berlangsung.

Selanjutnya, who, siapa saja yang terlibat dan why, mengapa kegiatan ini perlu dilaksanakan. Terakhir yakni how, bagaimana harus melaksanakan kegiatan tersebut.

"ToR harus dipikirkan oleh eselon tiga bersama eselon IV sebagai pelaksana teknis kegiatan. Setelah ToR selesai, selanjutnya barulah menyusun anggaran," jelasnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
DP3ACSKB Babel
Bidang Informasi: 
DP3ACSKB